Kamis, 28 Januari 2016

KIAMAT DAN AKHIR JAMAN


Ada seorang teman bertanya secara pribadi "Kapan kiamat", setelah membaca komen salah seorang teman pada postingan saya yang mengatakan sekarang mendekati Akhir Jaman. 

Aku menjawab, "Sejak jaman Nabi-Nabi dulu, kiamat Bumi atau Bumi pecah dan meledak lalu hancur tidak pernah terjadi. Kalaupun terjadi sifatnya hanya lokal saja, setempat. Bahkan ketika meteor jatuh di jaman Dinosaurus, ya hanya di tempat Dinosaurus berada yang terjadi kehancuran. Bahkan ketika banjir besar Noah, hanya ada di Jawa dan sekitarnya saja tempat Noah tinggal (kalau benar bahtera Nuh dibuat dari kayu-kayu jati yang hanya ada di tanah Jawa), hanya di sana yang terjadi kiamat. Atau ketika negeri Atlantis tenggelam, ya hanya di sana yang terjadi kiamat. Atau ketika negeri Sodom jaman Nabi Luth yang dihancurkan oleh hujan batu api dari langit, ya hanya di sana terjadi kiamat. Atau ketika nuklir meledak pada peperangan Mahabaratha di Kurusetra, ya hanya di sana yang terjadi kiamat. Atau ketika nuklir meledak di Nagasaki dan Hiroshima, ya hanya di sana yang terjadi kiamat. Atau bahkan ketika tsunami menggulung Aceh dan sebagian Thailand, ya hanya di sana terjadi kiamat. Atau bahkan, ketika banjir bandang di sungai di suatu wilayah anda dan menenggelamkan anda kemudian anda mati, itulah kiamat bagi anda, yang lainnya fine-fine saja. Atau ketika anda sedang tidur dalam keadaan bahagia, tiba-tiba saja pesawat yang sedang terbang jatuh menimpa anda dan anda hancur seketika, kiamat sedang terjadi pada anda, dan bahkan tetangga anda baik-baik saja"

Jadi, apa yang dimaksud dengan kiamat atau akhir jaman itu? 
Kiamat dan Akhir Jaman itu berbeda arti. Kiamat adalah masa akhir suatu kehidupan seseorang, wilayah, negeri, benua atau mungkin sebuah planet. Sampai saat sekarang planet Bumi masih baik-baik saja. Kalaupun terjadi kiamat ya sifatnya hanya lokal saja, sedangkan tempat lainnya baik-baik saja. 

Sedangkan Akhir Jaman adalah berakhirnya sebuah jaman dan dimulainya jaman baru. Sampai hari ini kita tidak pernah tahu apa yang dimaksud dengan Jaman Baru, karena kita semua sedang di ambang akan mengalaminya, semoga saya juga anda mengalaminya, tidak bagi yang mengalami kiamat sebelumnya :D  Menurutku secara pribadi, Jaman Baru itu adalah jaman di mana semua mengalami pembaharuan. Baik teknologinya sekaligus peradaban manusianya. Tidak ada lagi kebodohan, ketidakpedulian, kejahatan, kemunafikan, keserakahan, kecemasan, ketakutan ataupun intimidasi-intimidasi lainnya terhadap semua makhluk yang hidup di atas permukaan Bumi ini sebagai berakhirnya sebuah jaman atau Akhir Jaman.  

Jadi kalau ada yang mengatakan Kiamat sama dengan Akhir Jaman itu bisa jadi Kiamat bagi hidupnya sendiri, sekaligus akhir jaman bagi dirinya sendiri yang tidak akan pernah bertemu dengan Jaman Baru. 

Bagaimana menurut anda? Apakah anda ingin menciptakan Kiamat dan Akhir Jaman bagi diri anda sendiri? Silakan. Hidup ini pilihan. Kalau saya memilih sebagai saksi Kiamat bagi yang lain dan saya akan mengalami dimulainya Jaman Baru dan menikmatinya. 

Semoga semua makhluk berbahagia membuat pilihan untuk kebaikan bagi kehidupannya. 

Namaste _/\_